5 Masjid Terbesar dan Termegah di Dunia

Umat muslim di berbagai dunia, memiliki masjid yang dijadikan tempat suci untuk beribadah dan berkomunikasi kepada Allah SWT. Selain itu, masjid juga menjadi contoh bangunan yang memiliki arsitektur dalam perkembangan dunia Islam.Seiring dengan perkembangan jumlah umat muslim di dunia, banyak masjid yang dibangun secara megah dengan kapasitas yang besar, supaya umat muslim di dunia dapat beribadah didalam masjid tersebut.

Yuk kita lihat, lima masjid terbesar dan termegah di seluruh dunia menurut MoJou yang mungkin suatu hari nanti kalian bisa kunjungi. Berikut lima masjid terbesar dan termegah yang ada di seluruh dunia.

  1. Masjidil Haram

Masjidil Haram

Masjid yang dibangun di kota Mekkah di sekitar Kabah, menjadikan masjid ini tempat bertemunya umat muslim di seluruh dunia. Selain, itu masjidil Haram memiliki luas bangunan yang tercatat mencapai 4.008.020 meter persegi yang termasuk ruang sholat indoor dan outdoor yang mampu menampung empat juta orang.

Masjid Haram menjadi tempat beribadah yang tidak pernah sepi oleh umat muslim. Masjid ini selalu dipenuhi oleh umat muslim asli penduduk sekitar dan umat muslim di seluruh dunia. Masjid ini juga punya keunikan yang hanya bisa ditemukan disini, yaitu tidak dipisahkannya Jemaah pria dan wanita dalam beribadah.

  1. Masjid Al-Nabawi

Masjid Al-Nabawi merupakan masjid terbesar kedua yang ada di Madina, Arab Saudi. Masjid ini memiliki sejarah penting dalam perkembangan umat Islam di dunia, karena di masjid ini menjadi tepat istirahat terakhir Nabi Muhammad SAW.

Selain itu, Masjid Al-Nabawi sebenarnya merupakan bekas rumah Nabi Muhammad setelah pindah ke Madinah pada 622 M. Setelah beberapa kali mengalami renovasi dan diperluas, masjid ini dapat menampung 600 ribu jamaah dan bisa mencapai satu juta jiwa saat musim haji.

  1. Masjid Sheikh Zayed Grand

Sheikh Zayed Grand Mosque adalah masjid paling terkenal di Dubai – Uni Emirat Arab. Masjid Sheikh Zayed Grand memiliki luas area 12 hektar dan mampu menampung 40.000 jamaah.

Masjid ini memiliki detail arsitektur dan arsitik masjid yang dirancang dan disesuaikan dengan visi keyakinan yang dimiliki Syekh Sultan berdasarkan gaya arsitektur Islam. Selain itu, masjid ini menjadi pusat pariwisata budaya dan Islam di Uni Emirat Arab.

  1. Masjid Faisal

Masjid Faisal adalah masjid terbesar dan termegah yang terletak di Islambad, Paskitan. Masjid Faisal memiliki kekhasan yang hanya dimiliki oleh masjid ini, yaitu letak geografis yang berada di ujung kota dan kaki Bukit Margalla, kaki bukit sebelah barat pegunungan Himalaya.

Masjid Faisal memiliki luas 5.000 meter persegi dan dapat menampung total jamaah sebesar 274 ribu orang di dalam dan di luar Masjid. Selain itu, letak Masjid Faisal yang berada di ketinggian dan belakang bukit Margalla membuat Masjid ini terlihat indah dan menegaskan pentingnya keberadaannya.

  1. Masjid Qolsharif

Salah satu masjid terbesar di dunia adalah masjid Qolsharif di Rusia, masjid ini mampu menampung umat muslim untuk beribadah hingga 6.000 jamaah.Masjid Qolsharif memiliki ciri khas kubah berwarna biru pada bangunan pertama dan bangunan kedua memiliki satu kubah dan lima Menara.

Anda harus login untuk melihat atau menambah komentar