Jangan Takut Kehilangan Sesuatu Di Masjid ini, Dari Sandal Sampai Motor Siap Diganti

Moslemjourney.com – Kejadian kehilangan barang kerap menjadi bayang-bayang jemaah saat sholat berjamaah di masjid. Hal kecil, seperti sandal hilang atau tertukar hingga kehilangan sepeda motor. Membuat beberapa jamaah resah, namun berbeda dengan dengan masjid di Yogyakarta. Pengurus masjid siap mengganti kehilangan barang yang dialami jamaah.

Masjid ini adalah Masjid Jogokariyan yang terletak di Kampung Jogokariyan, Kecamatan Mantrijeron, Yogyakarta.  Pengurus masjid sepakat dengan penggantian barang yang hilang di saat mengikuti kegiatan masjid ini. Apapun barang yang hilang, entah berupa sandal hingga sepeda motor, semua akan diganti.

Dikutip dari Tempo.co, penggantian barang ini sudah dilakukan sejak masih di pengang sesepuh Jogokariyan, Jazir. Pada saat itu, ada jamaah yang mengaku kehilangan sandal saat beribadah. “Sebenarnya kebijakan mengganti barang jemaah yang hilang itu sudah berlangsung sejak 1999,” ujar Takmir  Masjid Jogokariyan Ahmeda Aulia Nurseta kepada Tempo.co pada 12 Mei 2019.

Jazir yang saat ini menjadi Ketua Dewan Syuro Takmir Masjid Jogokariyan. Pada saat itu, Jazir berinsiatif menganti sandal tersebut dengan uang pribadi yang dimilikinya. Jazir tidak menggunakan uang kas masjid untuk menganti sandal Jemaah yang hilang tersebut. Karena pada saat itu, uang kas yang dimiliki kasjid belum banyak dan akan mengurangi uang kas.

Hanya saja peristiwa kehilangan sandal terjadi berulang kali, membuat takmir harus bertanggung jawab menggantinya dengan uang pribadi. Memasuki tahun 2000-an, Masjid Jogokariyan berkembang dan jamaah yang sholat dimasjid ini bertambah. Sehingga amal dan infaq yang masuk di masjid ini bertambah dari jumlah sebelumnya.

Baca juga: 5 Masjid Terbesar dan Termengah di Dunia

Kebijakan menganti sandal Jemaah yang hilang, awalnya menggunakan uang pribadi takmir. Diahlihkan ke bagian khusus kas masjid yang menagani kehilangan barang. Sehingga, kebjaakn ini diterima oleh jamaah Masjid Jogokariyan.

Menurut Ahmeda Aulia, dengan menggantikan sandal jamaah yang hilang saat beribadah, memberikan rasa aman dan tanggung jawab dalam pelayanan. Jemaah Masjid Jogokariyan juga merasa aman dan tenang menjalankan ibadahnya. Meskipun, beberapa kasus kehilangan barang masih sempat terjadi, pengurus bersedia untuk menggantikannya.

Ada beberapa kasus yang dicontohkan oleh Ahmeda, beberapa tahun yang lalu sempat ada jamaah yang melaporkan kehilangan sepeda di halaman parkir masjid. Harga sepeda sekitar Rp. 1,5 juta. “Tapi saat sudah disiapkan dana pengganti dari kas, pihak yang kehilangan sepeda malah menolak dengan alasan sudah mengikhlaskan sepedanya yang hilang,” kata Ahmeda.

Sejauh ini, Ahmeda belum mendapatkan laporan kehilangan sepeda motor di Masjid Jogokariyan. Namun, jika terjadi kehilangan sepeda motor, pengurus Masjid Jogokariyan tetap bersedia untuk menggantinya.

Selain itu, untuk menjaga keamanan area Masjid Jogokariyan, pengurus masjid memasang sejummlah kamera CCTV di sejumlah titik jalan dan masjid, terutama di area parkir. “Para pemuda masjid juga turut berjaga saat ada kegiatan besar,” katanya.

Baca juga: 3 Hal yang Harus Diketahui di Yogyakarta

Anda harus login untuk melihat atau menambah komentar