Keistimewaan Air Zam-Zam yang harus kamu ketahui!

www.kelair.bppt.go.id/

Air zam-zam sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kaum muslimin baik yang sudah melakukan ibadah haji maupun belum. Biasanya orang yang sedang pergi haji akan menjadikan air zam-zam sebagai oleh-oleh untuk kerabat di tanah air. Untuk Sobat Mojou yang sudah pernah atau belum minum air zam-zam. Air zam-zam memiliki banyak keistimewaan. di bawah ini keistimewaan yang dimiliki air zam-zam.

3 keistimewaan air zam-zam

1. Air yang penuh keberkahan

“Sebaik-baik air di muka bumi adalah air zam-zam. Air tersebut bisa menjadi makanan yang mengenyangkan dan bisa sebagai obat penyakit” (HR. As Silsilah Ash Shahihah no. 1056).

Kamu dapat mengambil keberkahan dari air zam-zam seperti yang diisyaratkan Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam. Saat kamu sedang minum air zam-zam, dianjurkan untuk memercikkannya ke kepala, wajah dan dadanya dan janganlah kamu meminta berkah kepada sesuatu yang tidak berdasar, yang tidak diperintah dalam Al-Qur’an dan Sunnah.

2. Air zam-zam menjadi makanan yang mengenyangkan

“Sesungguhnya air zam-zam merupakan air yang diberkahi, air tersebut adalah makanan yang mengenyangkan” (HR.Muslim no. 4520). Dalam para peneliti, air zam-zam juga bebas dari mikroorganisme. Sehingga air zam-zam akan selalu terasa segar. Tidak ditemukan lumut pada telaga air zam-zam serta banyaknya kandungan mineral mampu mengembalikan tenaga jamaah haji yang sedang melakukan berbagai aktivitas ibadah haji untuk kembali fit.

3. Dapat menyembuhkan penyakit

“Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam pernah membawa air zam-zam dalam botol atau tempat air. ada orang yang tertimpa sakit, kemudian beliau menyembuhkan dengan air zam-zam.” Baihaqiy dalam Sunanul Kubro 5/202 dan Syu’abul Iman 3/1502.

Penelitian yang dikutip dari Faculty.ksu.edu.sa, air zam-zam memiliki kandungan fluoride yang tinggi. Air zam-zam yang diambil langsung dari sumbernya memiliki kadar fluoride 0,75 ppm sedangkan yang dialirkan melalui pipa sebanyak 0,68 ppm. Kadar fluoride yang tinggi dalam air bisa memberikan manfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Demikian keistimewaan air zam-zam yang harus kamu ketahui. Jangan lupa baca basmalah saat minum ya Sobat Mojou. Semoga bermanfaat!

Anda harus login untuk melihat atau menambah komentar